Minggu, 14 Mei 2017

Q002031007 (Surat Al-Baqarah, Ayat ke-31, Huruf "'alaa")

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuhu.

بسمِ اللهِ الرّحمٰنِ الرّحيمِ

 وإذْ قالَ ربّكَ للملٓئكةِ إنّى جاعلٌ فى الْأرضِ خليفةً ۖ قالوٓا۟ أتجعلُ فيهَا من يفسدُ فيهَا ويسفكُ الدّمآءَ ونحن نسبّحُ بحمْدِكَ ونقدّسُ لكَ ۖ قالَ إنّىٓ أعلمُ ما لا تعلمُونَ (QS 2:30)

وعلّمَ ءادمَ الأسمَآءَ كلّهَا ثمّ عرضهُمْ على الملئكةِ فقالَ أنۢبـٔونِى بأسمَآءِ هؤلآءِ إن كنتمْ صٰدقينَ
 (QS2:31)

Alhamdulillahi wasyukurillahi 'alaa ni'matillahi. Segala puji dan syukur bagi Allah atas segala nikhmat, baik nikhmat iman, nikhmat Islam dan nikhmat kelezatan dunia yang Allah berikan pada kita. Salawat dan salam kita ucapkan kepada junjungan kita, Nabi dan Rasul yang mulia Muhammad SAW dan keluarga Beliau, kepada para Sahabat RA, para Tabi'in, Tabiut Tabiahum dan kepada semua ummat Islam dimanapun berada sepanjang zaman. Semoga kita semua dapat senatiasa istiqamah menegakkan ajaran Islam sampai akhir hayat nanti, aamiin yaa Rabb al'aalamiin.

Ayat ke-31 surat Al-Baqarah ini terdiri dari beberapa bagian kalimat sebagai berikut: 
  • Dan Dia mengajarkan kepada Adam = وعلّمَ ءادمَ 
  • nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian = الأسمَآءَ كلّهَا ثمّ 
  • mengemukakannya kepada para Malaikat = عرضهُمْ على الملئكةِ 
  • lalu berfirman: "Sebutkanlah kepada-Ku = فقالَ أنۢبـٔونِى 
  • nama benda-benda itu = بأسمَآءِ هؤلآءِ 
  • jika kamu mamang benar = إن كنتمْ 
  • orang-orang yang benar!" = صٰدقينَ

Jika Allah menghendaki atau insya Allah (إن شاء الله atau kalau dilatenkan "in syaa-a Allaah"), pada hari ini kita akan membahas kata ke-7 dari ayat ke-31 surat Al-Baqarah, yaitu huruf 'alaa (عَلَى) = kepada.

Alhamdulillah, sebelumnya sudah kita bahas bahwa kalimat merupakan susunan dari beberapa kata yang memiliki makna. Dalam Bahasa Indonesia banyak digunakan definisi kata, seperti kata kerja, kata benda, kata sifat, kata sambung, kata hubung, kata tanya, dan sebagainya. Begitupun dengan Bahasa Arab, memiliki banyak istilah kata yang kurang lebih sama dengan Bahasa Indonesia. Hanya saja, dalam Bahasa Arab, seluruh kata yang ada bisa dikelompokkan menjadi 3 kelompok besar, yaitu fi’il (kata kerja), isim (kata benda, kata sifat2), dan huruf (kata sambung, kata hubung atau semua kata selain isim dan fi'il). 

Huruf (حرف) secara bahasa memilki arti huruf seperti yang kita kenal dalam Bahasa Indonesia yang ada 26 huruf. Sedangkan dalam Bahasa Arab kita mengenal ada 28 huruf yang kita kenal dengan huruf hijaiyah (ada 29 huruf dengan alif dan hamzah merupakan 2 huruf terpisah). Akan tetapi, huruf yang dimaksud disini bukan saja setiap huruf hijaiyah melainkan juga huruf hijaiyah yang memiliki arti, yaitu terdiri dari satu, dua, bahkan sampai lima huruf yang bermakna.

Salah satu jenis huruf adalah huruf jarr. Huruf jarr adalah huruf yang menyebabkan isim yang ada  setelahnya wajib dalam keadaan jarr / khafadh. Bentuk asal jarr adalah kasrah. Huruf jarr asli ada sembilan (9) dan arti dari masing-masing huruf jarr asli ini adalah sebagai berikut:
  1. Min (مِنْ)  = dari
  2. Ilaa (إِلىَ ) = ke
  3. 'An (عَنْ) = dari atau tentang (kadang sebagai isim)
  4. 'Alaa (عَلىَ) = di atas (kadang sebagai isim)
  5. Fii (فِى) = di, pada (tempat), dalam (waktu)
  6. Rubba (رُبَّ) = banyak/sedikit
  7. Al-baa (ب) = dengan
  8. Al-kaf (ك)  = seperti (kadang sebagai isim)
  9. Al-laa (ل) = milik/kepunyaan

Jadi kata 'alaa (عَلَى) pada ayat ke-31 surat Al-Baqarah ini merupakan huruf jarr, yaitu huruf yang mengkasrahkan atau mengkhafadhkan kata sesudahnya. Kata 'alaa (على) ini di dalam Al Qur'an terdapat sebanyak 687 kali, sedangkan asal kata 'alaa (على) dengan semua kemungkinan awalan dan/atau alhiran terdapat sebanyak 1445 kali.

1.0. Indek = Q002031007
1.1. No surat = 2
1.2. No ayat = 31
1.3. No kalimat = 7
2.0. Qur'anic = عَلَى
2.1. Tarjamah = kepada
2.2. Jenis kalimat = حرف
3.0. Awalan1 = 
3.1. Tarjamah = 
3.2. Jenis kalimat = 
3.3. Awalan2 =
3.6. Awalan3 =
4.0. Sisipan1 =
4.3. Sisipan2 =
5.0. Akhiran1 = 
5.1. Tarjamah = 
5.2. Jenis kalimat = 
ء5.3. Akhiran2 = 
5.6. Akhiran3 =
6.0. Asal kalimat = على
6.1. Tarjamah = kepada, atas atau di atas
6.2. Jenis kalimat = حرف
7.0. Akar kalimat = 
7.1. Tarjamah = 
7.2. Jenis kalimat = 

الحمدُ للّـهِ ربِّ العٰلمِينَ

Maha suci Engkau yaa Allah, dan segala puji bagi-Mu. Saya bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad utusan Allah. Saya mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu yaa Allah.


Semoga bermamfa'at, wallahu a'lamu bish-shawaabi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar